Minggu, 05 Februari 2012

Diagnosis Kesalahan Penulisan Algoritma Pemrograman Delphi


ABSTRAK : Diagnosis Kesalahan Penulisan Algoritma Pemrograman Delphi Pada Semester Ganjil Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram Tahun Akademik 2010/2011
 Oleh: Syaharuddin
Program Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi perhitungan untuk menyelesaikan permasalahan matematika secara numerik. Namun perlu diketahui bahwa setiap program pasti memiliki susunan penulisan algoritma yang berbeda. Sehingga seorang programer dituntut untuk mampu berlogika dengan baik untuk menyusun algoritma. Menurut hasil obervasi awal, kualitas dari output perkuliahan matematika komputasi khususnya program Delphi di jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram masih sangat rendah, terbukti dari laporan hasil praktikum tahun 2009/2010 yang hanya mencapai 67,17%.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram Tahun Akademik 2010/2011. Dengan menggunakan purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 139 mahasiswa. Metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, interview, dan dokumentasi.  Kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan analisa data model Spradley yang terdiri dari: Analisis Doamin, Taksonomi, Komponensial, dan Tema. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendiagnosis kesalahan penulisan algoritma pemrograman delphi pada semester ganjil (semester I) jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram Tahun Akademik 2010/2011.
Kata Kunci : Algoritma, Pemrograman, Program Delphi.

Reaksi:

1 komentar:

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa