Sabtu, 13 April 2013

Pengertian Nilai Alfha (α) dalam Statistika


Uraian tentang Alfha (α) dan penggunaannya.
Uraian / Pengertian
Alfha atau sering dilambangkan dengan α adalah nilai yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan taraf kepercayaan atau generalisasi dari objek yang diteliti setelah dilakukan analisa dan interpretasi data.
Alfha sering juga disebut dengan istilah “Taraf signifikansi (t.s.)”. Umumnya, dalam sebuah penelitian taraf signifikansi (α) yang digunakan adalah 1% (0,01) atau 5% (0,05), disamping juga terdapat taraf signifikansi yang lain. Taraf signifikansi ini  sering diubah menjadi taraf kepercayaan (t.p.), dilambangkan dengan bilangan 95% atau 99%.
Dengan kata lain t.s. 0,05 = t.p. 95%, atau t.s. 0,01 = t.p. 95%.
Jadi, nilai alfha t.s. 5% (0,05) = t.p. 95% (0,95) digunakan dalam penelitian yang menghendaki taraf kesalahan sebesar 5% dan kepercayaan/kebenarannya 95%. Dan nilai 5% biasanya digunakan dalam penelitian dibidang pendidikan.
Sedangkan nilai alfha t.s. 1% (0,01) = t.p. 99% (0,99) digunakan dalam penelitian yang menghendaki taraf kesalahan sebesar 1% dan kepercayaan/kebenarannya 99%. Dan nilai 1% biasanya digunakan dalam penelitian dibidang kesehatan/kedokteran.
Kegunaan
Nilai alfha (taraf signifikansi) baik 1% maupun 5% digunakan untuk menentukan nilai tabel baik itu untuk nilai t, z, f, chi, atau nilai distribusi statistika lainnya melaui dk (derajat kebebasan) yang ditentukan dari jumlah sampel atau populasi (n) dalam sebuah penelitian. 
Contohnya, nilai dk untuk t tabel menggunakan df = n1 + n2 -2.





Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa