Kamis, 09 Mei 2013

Perbedaan Button dan Bitbutton



*    Perbedaan Button dan Bitbutton
Dalam modul ini, berbagai pembuatan program aplikasi akan banyak bertemu dengan Button yang berada pada tab Standard dan BitButton yang berada pada tab Additional, seperti Gambar 4.15 dan 4.16 berikut ini.
Gambar 4.15 Komponen Button Pada Tab Standard
Gambar 4.16 Komponen BitButton Pada Tab Additional
Button merupakan komponen yang sering digunakan sebagai tombol konversi atau tombol proses pada setiap program aplikasi. Namun tombol ini akan berfungsi sebagai tombol konversi atau proses jika diberikan sintaksis. Dengan kata lain, Button tidak bisa berfungsi tanpa sintaksis yang kita tulis di komponen Code Editor. Kelebihan dari Button dan BitButton adalah bisa menampilkan pesan dalam berbagai bentuk ucapan (terima kasih, perintah, pilihan, dsb) melalui satu, dua, atau tiga tombol seperti pada Gambar 4.6 dan 4.7.
Sedangkan BitButton merupakan komponen memiliki dua alur kerja yakni (1) komponen yang siap pakai, artinya tombol ini tidak membutuhkan sintaksis dan (2) komponen yang alurnya sama dengan Button membutuhkan sintaksis. Jika ingin BitButton siap pakai, kita tinggal memilih jenis konversi atau proses yang akan kita gunakan di Kind pada Object Treeview, seperti Gambar 4.15 berikut ini.

Gambar 4.17 Memilih Kind BitButton sebagai Tombol Proses/Konversi
Jadi setelah kita memilih Kind yang kita inginkan maka secara otomatis tombol tersebut akan berfungsi sesuai dengan Caption-nya tanpa kita menulis sintaksis di Code Editor.
Sedangkan fungsi yang kedua yakni sama dengan Button, namun kelebihannya bisa diikutsertakan dengan Icon tombol yang kita inginkan, seperti Gambar 4.18 berikut ini.
Gambar 4.18 Tampilan BitButton dengan Icon
Masih banyak Icon yang disediakan oleh program Delphi 7.0, sesuai dengan kebutuhan program aplikasi yang kita buat. Cara menampilkan Icon pada BitButton sebagai berikut:
  1. Letakkan komponen BitButton di Form. Kemudian ganti namanya melalui Caption sesuai dengan kebutuhan programmer (disesuaikan dengan tujuan Button).
  2. Klik sekali BitButton, kemudian buka Glyph di Object Inspector maka akan keluar kotak dialog seperti Gambar 4.19 di bawah ini.
Gambar 4.19 Picture Editor untuk Memilih Icon BitButton
  1. Klik Load maka akan keluar kota dialog seperti Gambar 4.20 di bawah ini.
Gambar 4.20 Load Picture untuk Memilih Icon BitButton
  1. Pilih Icon yang diinginkan, maka akan keluar tampilan Icon yang dipilih di sebelah kanan (Picture), yang sebelumnya ada tulisan (None).
  2. Klik OK pada kotak dialog Picture Editor berikutnya. Maka icon yang anda pilih akan tampil pada BitButton yang ditujukan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa