Rabu, 09 April 2014

Pidato-Ceramah: Kewajiban dan Keutamaan Mempelajari Al-Qur’an



Kewajiban dan Keutamaan Mempelajari Al-Qur’an



Kaum Muslimin Rahimakumullah
Marilah kita sama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmat, nikmat, dan inayah-Nya kepada kita semua. Sehingga sampai detik ini kita bisa melaksanakan tugas dan kewajiban kita di kehidupan sehari-hari sebagai hamba-Nya.
Salam dan sholawat senantiasa tercurah kepada baginda Nabi Besar Nabi Muhammad SAW karena dengan jasa beliaulah sehingga kita bisa berada dalam keyakinan yang sejati yakni agama islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Al-Qur’an adalah kitab Suci Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui merantara malaikat Jibril a.s yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari atau disingkat 23 tahun. Al-Qur’an merupakan kita induk dan paling utama yang harus kita pelajari dalam Islam, karena di dalamnya terdapat petunjuk bagi orang-orang muslim, petunjuk untuk kita semua karena dengan mempelajarinya kita memiliki pedoman atau pegangan hidup yang hakiki dan tak akan tersesat dimana dan sampai kapanpun. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 2 yang berbunyi:
ArtinyaKitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa”

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Mempelajari Al-Qur’an sangat bermanfaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dengan mempelajari Al-Qur’an hidup kita di dunia tidak tersesat karena dengan ilmu yang kita peroleh dari mempelajari Al-Qur’an akan menjadi pedoman dan pegangan hidup yang terus membawa kita kepada jalan yang lurus yakni jalan yang Allah ridhoi. Kemudian di akhirat kelak, Al-Qur’an akan datang sebagai cahaya yang akan melindungi kita dari azab Allah SWT. Sehingga kita tidak perlu khawatir terhadap azab-azab Allah di hari kiamat selama kita terus membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Kemudian keutamaan yang lain dalam mempelajari Al-Qur’an adalah hati kita menjadi tentram. Karena dengan membaca Al-Qur’an sama halnya dengan kita sedang membaca kalimat-kalimat Suci dari Allah, Sang Pencipta. Karena hakikat hati ini akan menjadi tenang dan tentram hanya bersama Allah, oleh sebab itu marilah kita selalu membaca Al-Qur’an baik di pagi hari, siang, sore ataupun malam agar hati selalu ingat kepada Allah dan Allah ingat kepada kita.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Semoga kita tergolong orang-orang yang selalu mempelajari, mendalami, mengajarkan dan mengamalkan Al-Qur’an. Karena dengan mempelajari saja tidak cukup, mendalami saja tidak cukup, begitu juga mengajarkan juga tidak cukup, tapi semua itu akan terasa cukup dan sempurna jika setelah kita mempelajari, mendalami, dan mengajarkan maka kita harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena berilmu tanpa mengamalkan ibarat pohon tanpa buah, tidak indah dan tidak ada gunanya. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama saling nasehat-menasehati dalam kebaikan yakni terus mengutamakan kitab suci Al-Qur’an sebagai kitab pertama dan paling utama yang harus kita pelajari selama hidup di dunia ini agar kita selamat dan bahagia selama di dunia sampai akhirat kelak. Amin, amin, ya robbal ‘alamin.

Kaum Muslimin Rahimakumullah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, lebih kurang saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekhilafan karena yang benar datangnya dari Allah dan yang salah datangnya dari saya sendiri.
“Wabillahi taufiq wal hidayah,  Wassalamu’alaikum Wr Wb”.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa