Jumat, 30 Januari 2015

Program Aplikasi Kesebangunan Menggunakan Delphi

Program Aplikasi Kesebangunan dan Kekongruenan Menggunakan Delphi
Yunita Susilawati 1)  Rosita Sari 2)
yunitasusilawati@rocketmail.com

Abstrak – Program aplikasi ini dibuat menggunakan Delphi yang bertujuan untuk mempermudah dalam mencari salah satu panjang sisi dari bangun datar seperti segitiga siku-siku, segitiga sembarang dan trapesium, serta dalam program ini tersedia gambar-gambar dari bangun datar tersebut. Program aplikasi ini terdiri dari 7 form yang dimana form pertama berisi program trapezium, form kedua berisi program segitiga sembarang, form ketiga berisi segitiga siku-siku, form keempat berisi menu utama, form kelima berisi login untuk masuk ke dalam program, form keenam berisi definisi kesebangunan dan kekongruenan, form ketujuh berisi identitas programmer.
Kata Kunci: kesebangunan dan kekongruenan bangun datar, Delphi.


Kesebangunan yaitu bangun-bangun yang memiliki bentuk yang sama dengan ukuran yang sama atau berbeda. Secara umum dua buah bangun datar dikatakan sebangun (similar) jika sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama.
Bangun-bangun geometri dikatakan kongruen (sama sebangun) jika dan hanya jika bangun-bangun itu mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Jadi bisa diingat betul bahwa kongruen adalah bentuknya sama dan ukurannya sama. Jika salah satu tidak memenuhi salah satu saja, maka bangun tersebut tidak kongruen.



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa