Jumat, 30 Januari 2015

Program Aplikasi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Delphi

Program Aplikasi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Delphi


Abstrak – Program aplikasi ini dibuat menggunakan Delphi. Program ini dibuat demi mempermudah perhitungan mengenai persamaan garis lurus, materi tersebut merupakan materi kelas VIII SMP. Program ini terdiri dari 9 form, form 1 dengan nama form Program Aplikasi Persamaan Garis Lurus, form 1 merupakan tampilan awal dari program aplikasi ini. Form 2 dengan nama Gambar dan Sifat, berisi jenis-jenis dan sifat-sifat persamaan garis lurus, serta gambar koordinat kartesius untuk persamaan garis lurus. Form 3 dengan nama Persamaan Garis dengan Gradien m dan Melalui Titik (x,y). Form 4 dengan nama Persamaan Garis yang Melalui Titik (x1,y1) dan (x2,y2). Form 5 dengan nama Persamaan Garis yang Sejajar dengan Garis y = ax + b dan Melalui Titik (x,y). Form 6 dengan nama Persamaan Garis yang Tegak Lurus dengan Garis      y = ax + b dan Melalui Titik (x,y). Form 7 dengan nama Jarak Titik (x,y) ke Garis  ax+by+c=0. Form 8 dengan nama Programer berisi identitas pembuat program (programer), dan terakhir form 9 dengan nama Selamat Datang yang merupakan halaman loading untuk masuk dan menggunakan program.

Kata Kunci: Persamaan Garis Lurus, Delphi.

Persamaan garis lurus atau juga disebut dengan persamaan linier yaitu persamaan yang variabel-variabelnya berpangkat satu. Persamaan garis lurus apabila digambarkan dalam grafik pada koordinat kartesius, maka memiliki nilai kemiringan atau yang disebut dengan gradien.
Menentukan Persamaan Garis dengan Gradien m dan Melalui Titik (x,y)
  y – y1 = mx – mx1
         y – y1 = m(x – x1)
Persamaan garis yang sejajar suatu garis yang telah diketahui melalui titik (x,y) memiliki gradien m1 = m2, dimana berlaku m = a. Sehingga untuk mencari persamaannya dapat menggunakan rumus:
          y = ax + b , maka m1 = a, sehingga m2 = m1 = a.

Persamaan yang akan dicari adalah y = mx + c, substitusikan nilai titik (x,y) ke persamaan tersebut untuk mencari nilai c. Kemudian substitusikan kembali nilai c ke persamaan y = mx + c untuk mendapatkan suatu persamaan yang sejajar dengan garis          y = ax + b yang melalui titik (x,y)


Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa