Jumat, 23 Januari 2015

Program Aplikasi Trigonometri Menggunakan Delphi



Program Aplikasi Trigonometri Menggunakan Delphi

Dian Kurniawati 1), Mar’atul Aini 2)
1)      diankurniawatijornalis@gmail.com , 2) maratul.aini@yahoo.co.id

Abstrak – Program aplikasi ini dibuat menggunakan Borland Delphi 7 dengan materi trigonometri yang terdiri dari 12 form. Program ini dibuat semata-mata untuk mempermudah perhitungan yang berkaitan dengan materi trigonometri, seperti membuat grafik serta perhitungan fungsi sinus, cosinus dan tangen, dan konsep dari trigonometri itu sendiri. Penggunaan program aplikasi ini sangat mudah, user hanya menginput nilai data yang ingin dihitung dan dapat menemukan hasilnya dengan mengklik tombol ‘hasil’. Pengguna program tidak perlu repot memasukan syntax dalam perhitungan mengenai materi trigonometri. Pada form tampilan pertama (form 10) yang disediakan dalam aplikasi ini adalah form login program, dimana form ini merupakan form yang mengizinkan kita bisa masuk atau tidak dalam penggunaan aplikasi, sesuai dengan identitas dan password yang telah ditentukan programmer. Form ini merupakan bukti hak cipta programmer terhadap programnya.
Kemudian, form tampilan kedua (form 1) adalah sampul aplikasi trigonometri dengan desain yang telah disediakan dengan menarik agar aplikasi terlihat hidup. Kemudian form selanjutnya (form 13) berisi materi rumus mengenai trigonometri dan cara cepat menghafal sudut istimewa dengan kaidah tangan kanan. Kemudian pada form 8 terdapat biodata programmer. kemudian form 2 adalah form menu program grafik fungsi trigonometri (SinCosTan) yaitu untuk membuat grafik, form 12 adalah program koordinat polar, yaitu untuk merupah titik Kartesius  ke polar dan sebaliknya. Pada form 11 adalah program aturan SinCos, untuk mencari nilai sisi serta sin sudut dari aturan SinCos, form 4 adalah program Jumlah SinCos (pada menu Rumus) yang merupakan program mencari hasil dari jumlah SinCosTan, form 5 merupakan program perhitungan hasil dari selisih SinCosTan. Kemudian form 6 merupakan program perhitungan hasil dari perkalian SinCos, dan form 7 merupakan program perhitungan hasil dari Trigonometri ganda. Sedangkan form selanjutnya, adalah form 3 yaitu terdapat aplikasi perhitungan luas segitiga (konsep trigonometri) dengan 3 komponen yang telah diketahui. Namun, program ini masih memiliki kekurangan. Yaitu tidak dapat menghitung besar sudut pada aturan SinCos, karena programmer belum menemukan solusi dalam mencari syntax nilai arc sin dan arc cos. Semoga selanjutnya dapat dikembangkan lagi.
Kata Kunci: Trigonometri, Delphi.
 Kelebihan dan Kelemahan

         Kelebihan

a.      Mempermudah dalam perhitungan mengenai materi trigonometri, seperti ;
1)      Membuat grafik fungsi sinus, cosinus dan tangen
2)      Menentukan koordinat baik dari kartesius ke polar atau pun sebaliknya,
3)      Menentukan nilai dari penjumlahan/selisih dari sinus, cosinus dan tangen.
4)      Menentukan nilai dari salah satu sisi dari segitiga apabila diketahui sudutnya, dan sin sudut apabila telah diketahui sudut maupun sisinya dengan aturan Sinus.
5)      Menentukan nilai Luas segitiga dari konsep trigonometri, baik telah diketahui 2 sudut 1 sisi, 2 sisi 1 sudut dan 3 sisi.
b.      Dalam penggunaannya, pengguna program hanya memasukkan data yang ingin dihitung sesuai dengan materi dan cukup menekan tombol “hasil” maka akan mendapatkan hasil perhitungan yang diinginkan beserta langkah kerja yang tertera pada program.
c.       Program ini dapat digunakan tanpa harus menginstal Borland Delphi 7 terlebih dahulu.
d.      Program ini juga menyediakan ringkasan materi berupa rumus yang juga dibutuhkan pengguna untuk mengingat rumus-rumus trigonometri
e.      Program ini juga menyediakan materi mengenai cara cepat menghafal sudut istimewa trigonometri menggunakan kaidah tangan kanan
f.        Programer juga menyediakan tema yang sesuai pada kenyamanan penglihatan pengguna program.
            Kelemahan
a.      Pada materi grafik fungsi belum dapat menggambarkan secara tepat fungsi tangen tak hingga (
b.      Pada materi aturan Sinus, program hanya bisa menghitung sin dari sudut namun belum dapat menghitung sudut itu sendiri karena adanya error pada sintaks arc sin atau pun arc cos.
c.       Program ini belum dapat dibuka menggunakan gadget handphone, smartphone atau android.
d.      Program ini juga hanya menyediakan hasil dalam bilangan bulat atau desimal, bukan dalam bentuk bilangan tak rasional atau pecahan. Seperti hasil dari sin 2(22.5) = 0.72, hasil tidak ditampilkan dalam bentuk .


Kesimpulan
Program aplikasi ini dibuat menggunakan Borland Delphi 7 berkenaan dengan materi Trigonometri yang terdiri dari 12 form dengan nama “DEGO D-0322’’. Tampilan form pertama adalah login masuk program dengan ID dan password yang sesuai, kedua adalah sampul program yang dibuat senyaman mungkin agar dapat dibaca dan terlihat menarik yang juga menyediakan menu aplikasi perhitungan seperti membuat grafik (form 2), koordinat polar (form 12), aturan sinus (form 11), jumlah SinCosTan (form 4), selisih SinCosTan (form 5), perkalian SinCos (form 6), trigonometri ganda (form 7) dan konsep trigonometri (form 3).  Program ini juga menyediakan materi (rumus)Trigonometri pada form 13 dan biodata programmer (form 8). Program ini dibuat semata-mata untuk mempermudah perhitungan yang berkaitan dengan materi trigonometri, seperti membuat grafik serta perhitungan fungsi sinus, cosinus dan tangen, dan konsep dari trigonometri itu sendiri. Program ini dapat digunakan tanpa harus menginstal Borland Delphi 7. Penggunaan program aplikasi ini sangat mudah, user hanya menginput nilai data yang ingin dihitung dan dapat menemukan hasilnya dengan mengklik tombol ‘hasil’. terlebih dahulu juga user tidak perlu repot memasukan syntax dalam perhitungan mengenai materi trigonometri.
Namun, adapun kelemahannya adalah pada materi grafik fungsi belum dapat menggambarkan secara tepat fungsi tangen tak hingga (  sedangkan pada materi aturan Sinus, program hanya bisa menghitung sin dari sudut namun belum dapat menghitung sudut itu sendiri karena adanya error pada sintaks arc sin atau pun arc cos. Program ini juga hanya menyediakan hasil dalam bilangan bulat atau desimal, bukan dalam bentuk bilangan tak rasional atau pecahan. Seperti hasil dari sin 2(22.5) = 0.72, hasil tidak ditampilkan dalam bentuk . Kemudian program ini belum dapat dibuka menggunakan gadget handphone, smartphone atau android, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap pengembangan program “DEGO D-0322’’. 


 Download Program Aplikasinya disini.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa