Program Aplikasi Bangun Ruang Sisi
Lengkung
Agus Setiawan 1),
Siti Hilmi Hajar 2)
Abstrak – Program aplikasi ini dibuat menggunakan Delphi, Dimana program yang
kami buat tantang Bangun ruang yang lebih khusus yaitu bangun ruang sisi
lengkung seperti Bola, Kerucut, dan Tabung. Dalam program ini yang kami cari
luas dan volumenya dan dalam program ini terdapat 8 form dimana form yang
pertama yaitu Pambukaan, tempat loginnya , menu utama, program tentang tabung,
program tentang Bola, program tentang Kerucut, dan 2 form tentang programer.
*****
Jika
sebuah bidang datar diputar mengelilingi suatu garis lurus yang termuat pada bidang itu, maka ruas
garis yang terdapat dalam bidang itu
akan membentuk suatu bidang lengkung yang disebut bidang putar. Jadi pada
dasarnya bangun ruang sisi lengkung merupakan bangun yang terjadi apabila
bangun datar diputar mengelilingi suatu garis lurus. Akibatnya sisi-sisi
pembentuk bangun ruang sisi lengkung ini sebagian merupakan sisi lengkung. Hal
inilah yang membedakan antara bangun ruang sisi datar dengan bangun ruang sisi
lengkung. Namun secara umum sifat-sifat kedua bangun ruang ini adalah sama.
Bangun ruang sisi
lengkung adalah bangun ruang yang memiliki bagian berupa lengkungan
(selimut atau permukaan bidang). Bangun ruang sisi lengkung ada 3, yaitu
Tabung, Kerucut dan Bola.
Bangun ruang sisi lengkung
adalah bangun ruang yang memiliki bagian berupa lengkungan
(selimut atau permukaan bidang). Bangun ruang sisi lengkung ada 3, yaitu
Tabung, Kerucut dan Bola.
a. Tabung
Adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan
sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
Ciri-ciri
tabung:
1) Memiliki tiga sisi
2) Terdiri dari bagian tutup dan alas berupa lingkaran
3) Selimut merupakan persegi panjang
4) Memiliki 2 rusuk (sebagai tinggi di ujung)
5) Tingginya berupagaris tegak lurus alas
b. Kerucut
Kerucut adalah bangun ruang yang terjadi apabila segitiga
siku-siku diputar dengan salah satu sisi siku-sikunya sebagai sumbu putar.
Criri-ciri
kerucut:
1) Bagian alas berbentuk lingkaran
2) Selimut berupa juring
3) Tinggi berupa garis tegak lurus alas yang terdekat
menuju titik puncak
4) Garis pelukis (s) berupa garis miring. S = akar
kuadrat dari r kuadrat + t kuadrat
c. Bola
Bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak
hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang
sama. Bola memiliki beberapa sifat diantaranya yaitu memilikin satu sisi
berbentuk bidang lengkung atau selimut bola tidak memiliki rusuk atau titik
sudut.
a.
Rumus Tabung
Untuk menghitung volume
tabung di gunakan rumus:
V=πr2t
Keterangan:
V: Volume
r: Jari-jari
t: Tinggi
Untuk menghitung luas selimut
dan luas permukaan Tabung digunakan rumus:
L=2πr(r+t)
Keterangan:
L: Luas
r: Jari-Jari
t: Tinggi
b.
Rumus Bola
Untuk menghitung Volume
Bola digunakan rumus:
Untuk menghitungLuas Bola
digunakan Rumus:
L= 4πr2
c.
Rumus Kerucut
Untuk menghitung Volume
Kerucut digunakan rumus:
Untuk menghitung Luas
Kerucut digunakan Rumus:
L= πr(s+r)
Keterangan:
s= garis pelukis
No comments:
Post a Comment