"Ilmu yang bermanfaat" adalah salah satu kunci naungan Allah kepada kita di padang Masyar.

Program Aplikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Delphi

Program Aplikasi Bangun Ruang Sisi Lengkung
Agus Setiawan 1), Siti Hilmi Hajar 2)



Abstrak – Program aplikasi ini dibuat menggunakan Delphi, Dimana program yang kami buat tantang Bangun ruang yang lebih khusus yaitu bangun ruang sisi lengkung seperti Bola, Kerucut, dan Tabung. Dalam program ini yang kami cari luas dan volumenya dan dalam program ini terdapat 8 form dimana form yang pertama yaitu Pambukaan, tempat loginnya , menu utama, program tentang tabung, program tentang Bola, program tentang Kerucut, dan 2 form tentang programer.
*****
Jika sebuah bidang datar diputar mengelilingi suatu garis lurus  yang termuat pada bidang itu, maka ruas garis  yang terdapat dalam bidang itu akan membentuk suatu bidang lengkung yang disebut bidang putar. Jadi pada dasarnya bangun ruang sisi lengkung merupakan bangun yang terjadi apabila bangun datar diputar mengelilingi suatu garis lurus. Akibatnya sisi-sisi pembentuk bangun ruang sisi lengkung ini sebagian merupakan sisi lengkung. Hal inilah yang membedakan antara bangun ruang sisi datar dengan bangun ruang sisi lengkung. Namun secara umum sifat-sifat kedua bangun ruang ini adalah sama.
Bangun ruang sisi lengkung adalah bangun ruang yang memiliki bagian berupa lengkungan (selimut atau permukaan bidang). Bangun ruang sisi lengkung ada 3, yaitu Tabung, Kerucut dan Bola.

Bangun ruang sisi lengkung adalah bangun ruang yang memiliki bagian berupa lengkungan (selimut atau permukaan bidang). Bangun ruang sisi lengkung ada 3, yaitu Tabung, Kerucut dan Bola.
a.       Tabung
Adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
Ciri-ciri tabung:
1)      Memiliki tiga sisi
2)      Terdiri dari bagian tutup dan alas berupa lingkaran
3)      Selimut merupakan persegi panjang
4)      Memiliki 2 rusuk (sebagai tinggi di ujung)
5)      Tingginya berupagaris tegak lurus alas

b.      Kerucut
Kerucut adalah bangun ruang yang terjadi apabila segitiga siku-siku diputar dengan salah satu sisi siku-sikunya sebagai sumbu putar.
Criri-ciri kerucut:
1)      Bagian alas berbentuk lingkaran
2)      Selimut berupa juring
3)      Tinggi berupa garis tegak lurus alas yang terdekat menuju titik puncak
4)      Garis pelukis (s) berupa garis miring. S = akar kuadrat dari r kuadrat + t kuadrat

c.       Bola
Bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola memiliki beberapa sifat diantaranya yaitu memilikin satu sisi berbentuk bidang lengkung atau selimut bola tidak memiliki rusuk atau titik sudut.

a.      Rumus Tabung
Untuk menghitung volume tabung di gunakan rumus:
V=πr2t
Keterangan:
V: Volume
r: Jari-jari
t: Tinggi
Untuk menghitung luas selimut dan luas permukaan Tabung digunakan rumus:
L=2πr(r+t)
Keterangan:
L: Luas
r: Jari-Jari
t: Tinggi
b.      Rumus Bola
Untuk menghitung Volume Bola digunakan rumus:
r3
Untuk menghitungLuas Bola digunakan Rumus:
L= 4πr2
c.       Rumus Kerucut
Untuk menghitung Volume Kerucut digunakan rumus:
  2t
Untuk menghitung Luas Kerucut digunakan Rumus:
L= πr(s+r)
Keterangan:
s= garis pelukis





No comments:

Post a Comment