Program
Aplikasi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Delphi
Abstrak
– Program aplikasi ini dibuat menggunakan Delphi. Program ini dibuat demi
mempermudah perhitungan mengenai persamaan garis lurus, materi tersebut
merupakan materi kelas VIII SMP. Program ini terdiri dari 9 form, form 1 dengan
nama form Program Aplikasi Persamaan Garis Lurus, form 1 merupakan tampilan
awal dari program aplikasi ini. Form 2 dengan nama Gambar dan Sifat, berisi
jenis-jenis dan sifat-sifat persamaan garis lurus, serta gambar koordinat
kartesius untuk persamaan garis lurus. Form 3 dengan nama Persamaan Garis
dengan Gradien m dan Melalui Titik (x,y). Form 4 dengan nama Persamaan Garis
yang Melalui Titik (x1,y1) dan (x2,y2). Form 5 dengan nama Persamaan Garis yang
Sejajar dengan Garis y = ax + b dan Melalui Titik (x,y). Form 6 dengan nama
Persamaan Garis yang Tegak Lurus dengan Garis y =
ax + b dan Melalui Titik (x,y). Form 7 dengan nama Jarak Titik (x,y) ke Garis ax+by+c=0. Form 8 dengan nama Programer berisi
identitas pembuat program (programer), dan terakhir form 9 dengan nama Selamat
Datang yang merupakan halaman loading
untuk masuk dan menggunakan program.
Persamaan
garis lurus atau juga disebut dengan persamaan linier yaitu persamaan yang
variabel-variabelnya berpangkat satu. Persamaan garis lurus apabila digambarkan
dalam grafik pada koordinat kartesius, maka memiliki nilai kemiringan atau yang
disebut dengan gradien.
Menentukan Persamaan Garis dengan Gradien m dan Melalui Titik (x,y)
y – y1 = mx – mx1
y – y1 = m(x – x1)
Persamaan garis yang sejajar
suatu garis yang telah diketahui melalui titik (x,y) memiliki gradien m1 =
m2, dimana berlaku m = a. Sehingga untuk mencari persamaannya dapat
menggunakan rumus:
y = ax + b , maka m1 = a, sehingga m2
= m1 = a.
Persamaan yang akan dicari adalah y =
mx + c, substitusikan nilai titik (x,y) ke persamaan tersebut untuk mencari
nilai c. Kemudian substitusikan kembali nilai c ke persamaan y = mx + c untuk
mendapatkan suatu persamaan yang sejajar dengan garis y = ax + b yang melalui titik (x,y)
No comments:
Post a Comment