Kamis, 09 Mei 2013

Menempatkan Komponen Pada Form Delphi



*    Menempatkan Komponen Pada Form

Karena Delphi merupakan bahasa pemrograman visual, maka komponen-komponen akan nampak pada layar. Anda tinggal menempatkan komponen yang diinginkan pada form. Ada empat cara menempatkan komponen pada form. Misal anda memilih komponen Button pada Components Palette bagian Standard Page. Anda dapat memilih salah satu langkah berikut:
*      Klik pada kompenen tersebut, pindahkan kursor ke form, sambil menekan tombol kiri mouse (drag komponen dan geser pada form) atau
*      Pilih komponen (klik komponen yang diinginkan) pada Components Palette kemudian klik pada form dimana komponen itu akan diletakkan.
*      Klik ganda pada komponen yang diinginkan, maka komponen tersebut akan ditambahkan pada form
*      Anda dapat menggunakan Copy dan Paste bila ingin membuat komponen yang sama yang sudah ada pada form. Caranya Shift-Klik kiri pada komponen yang ada di form, lalu pilih menu Copy (Ctrl-C) kemudian pilih menu Paste (Ctrl-V).
Gambar 4.4 Meletakkan Komponen di Form
      Agar desain form terlihat cantik dan menarik, seorang programer bisa menambahkan gambar latar (background) pada form. Adapun cara menampilkan gambar di Form:
1.    Letakkan komponen Image di Form, kemudian aturlah ukuran sesuai ukuran Form (ukuran form disesuaikan dengan keinginan programmer).
2.    Double klik Picture di Object Inspector. Kemudian akan keluar kotak dialog Load.
3.    Klik Load, maka akan keluar kotak dialog berdasarkan isi drive yang ada di Labtop/computer anda. Silahkan pilih gambar sesuai keinginan anda.
4.    Klik OK untuk proses.
5.    Klik Street: ubahlah False menjadi True.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa