Kamis, 09 Mei 2013

Mengatur Tata Letak Komponen Pada Form Delphi



*    Mengatur Tata Letak Komponen

Pada form ini hanya ada satu button, mungkin ada di bagian tengah form. Anda dapat mengatur letak komponen tersebut dengan menggesernya. Bila anda ingin merapihkan pilih menu View | Alignment Palette, maka muncul sebuah Toolbox Align dengan ikon perapihan (alignment icons).
Gambar 4.5 Mengatur Tata Letak Komponen Pada Form
Dengan toolbox ini anda dapat merapikan beberapa komponen sekaligus, caranya buat fokus beberapa komponen, lalu klik icon pada toolbox yang diinginkan. Untuk mengetahui arti icon tersebut gerakan mouse pada tombol tersebut, lalu akan muncul penjelasan singkat kegunaan icon tersebut atau lihat Help (tekan F1). Anda bisa mempelajarinya sendiri. Cukup mudah!.
Cara lain untuk mengatur tata letak berbagai komponen yang kita gunakan dalam pembuatan program aplikasi adalah dengan meng-klik komponen yang kita inginkan dan tanpa melepasnya kita bisa meletakkannya sesuai dengan keinginan kita. Jadi, masalah tata letak komponen disesuaikan dengan selera kita masing-masing sebagai programmer. Sehingga lain programmer maka lain pula tata letak yang kita atur dan pilih.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa