Kamis, 09 Mei 2013

Mengganti Nama dan Mewarnai Form Pada Delphi



Tujuan Perkulihan :
Setelah mempelajari Bab ini diharapkan mahasiswa dapat:
*      Mengetahui dan memahami tentang  tata cara mendesain Form Program Aplikasi, meliputi:
*      Mengganti Nama dan Mewarnai Form
*      Menempatkan Komponen Pada Form
*      Mengatur Tata Letak Komponen Pada Form
*      Forms, Dialog Boxes, dan Messages
*      Membuat Menu Pada Form
*      Perbedaan Button dan BitButton
*      Mengenal dan menggunakan beberapa komponen delphi 7.0 dalam membuat rancangan program aplikasi sesuai kebutuhannya.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
*    Mengganti Nama dan Mewarnai Form

Biasakan sebelum menjalankan program, sebaiknya ganti nama form dan beri judul sesuai program yang kita buat. Delphi akan secara otomatis memberi nama form1, form2, form3, dst. Nama form tersebut kurang mengandung arti dan akan menyulitkan bila form yang dibuat cukup banyak.
Pada Object Inspector ada dua buah halaman (tab) yaitu Properties dan Events. Properties digunakan untuk mengganti properti (kepemilikan) sebuah objek/komponen. Sedangkan Events digunakan untuk membuat procedure yang diaktifkan (trigered) lewat sebuah event.
Gambar 4.1 Fungsi Properties dan Events Pada Object Inspector
Semua properti diurutkan berdasarkan alpabetik, dan dapat juga diurutkan berdasarkan kategori. Gantilah judul form dengan Delphi melalui properti Caption, sedangkan nama form dengan nama frmDelphi melalui properti Name. Caption digunakan untuk menyimpan keterangan yang dimunculkan pada form, sedangkan Name digunakan sebagai Nama dari objek tersebut. Perhatikan Gambar 4.2 di bawah ini.


Gambar 4.2 Prosedur Mengganti Judul / Nama Program Aplikasi
Kemudian jika kita ingin mengganti warna Form, cukup kita pilih warna yang kita sukai di tab Properties dan pilih Color. Secara otomatis warna Form akan berubah sesuai warna yang kita pilih. Misalkan kita memilih warna Lime. Perhatikan Gambar 4.3 berikut ini!.

Gambar 4.3 Mengganti Warna Form

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa