Kamis, 09 Mei 2013

MODUL 1 DELPHI



MODUL DELPHI
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Tujuan Perkuliahan :
Setelah mempelajari materi ini diharapkan mahasiswa dapat :
1.       Mengetahui Sejarah Singkat Borland Delphi 7.0
2.       Mengetahui Keunggulan Borland Delphi 7.0
3.       Memahami Cara Menjalankan/Memulai Borland Delphi 7.0
4.       Mengetahui Langkah Awal Pembuatan Project
5.       Mengetahui dan Menerapkan Perintah-perintah Penting Borland Delphi 7.0
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
A.  Sejarah Singkat Borland Delphi 7.0
Borland Delphi dirilis pertama kali pada bulan Februari 1995 oleh Charlie Calvert dan Zack Urlocker. Mareka berdua tergabung dalam Borland International Corporation yang diketuai oleh Anders H. Kemudian pada tahun 1996 dirilis kembali Delphi 2. Sekarang sudah mencapai perkembangannya sampai dengan Delphi 8 yang dirilis pada tahun 2005.
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi VCL (Victual Component Library), aplikasi berbasis Web (Web Application dan Web Service dengan ASP.NET), aplikasi database (Database Application dengan ADO.NET, dan aplikasi Windows (Windows Application dengan Windows Form) serta berbasis audio visual. Borland Delphi 7 merupakan bahasa pemrograman berbasis Windows. Delphi 7 dapat membantu untuk membuat berbagai macam aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows, mulai dari sebuah program sederhana sampai dengan program yang berbasiskan client/server atau jaringan. Delphi, termasuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web.

B.  Keunggulan Borland Delphi 7.0
Borland Delphi 7 merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada Borland Delphi 7. Berikut ini sebagian kecil dari banyak kelebihan Borland Delphi 7:
1.    Berbasis Object Oriented Programming (OOP). Setiap bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu object yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur.
2.    Memiliki sarana yang tangguh untuk pembuatan program aplikasi seperti pembuatan form, menu, toolbar, hingga pengolahan basis data.
3.    Form dan komponennya dapat dipakai berulang kali dan dikembangkan.
4.    Satu file.exe. Setelah program dirancang dalam IDE (Intergrated Development Environment) Delphi, Delphi akan mengkompilasinya menjadi sebuah file executable tunggal. Program yang dibuat dapat langsung didistribusikan dan dijalankan pada komputer lain tanpa perlu menyertakan file DLL dari luar.
5.    Listing program bersifat Case Insensitif (tidak membedakan huruf besar atau kecil).
6.    Memiliki Grafical User Interface (GUI) yang menarik sehingga mudah dipahami.

C.  Memulai Borland Delphi 7.0
Langkah awal untuk menjalankan program Borland Delphi 7, adalah sebagai berikut :
1.    Klik tombol Start yang terletak pada bagian Taskbar.
2.    Pilih menu Programs Borland Delphi 7, kemudian klik Delphi 7. Perhatikan Gambar 1.1 berikut ini!.


Gambar 1.1 Mencari Shourcut Borland Delphi 7.0
3.    Bidang kerja Intergrated Development Environment (IDE) Delphi 7 akan tampil memenuhi layar monitor seperti diperlihatkan pada Gambar 1.2 berikut ini. Pada bidang inilah programmer dapat menumpahkan kreativitasnya dalam membuat program.

Gambar 1.2. Tampilan Komponen Borland Delphi 7.0

D.  Langkah Awal Pembuatan Project
Untuk membuat sebuah aplikasi, pertama-tama programmer harus menciptakan sebuah project, berikut ini akan disajikan contoh pembuatan sebuah project. Prosedur awal yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah project adalah.
  1. Pilih menu File à New à Application sehingga pada lembar kerja Delphi akan tampak sebuah form kosong seperti Gambar 1.2.
  2. Simpan rancangan project aplikasi yang masih kosong tersebut dengan perintah File à Save All sehingga tampil kotak dialog Save Unit1 As. Pada bagian ini yang perlu diperhatikan bahwa direktori penyimpanan file harus diubah pada bagian Save in. Perhatikan Gambar 1.3 berikut ini!.
Gambar 1.3 Prosedur Penyimpanan File Program
  1. Selanjutnya masukkan nama unit pada bagian File Name dengan catatan nama unit tidak boleh sama dengan nama Form Designer, kemudian klik Save.
  2. Kotak dialog berikutnya yang akan muncul adalah kotak dialog Save Project1 As. Kotak dialog ini digunakan untuk menentukan nama file Project yang diinginkan. Setelah file Unit dan Project disimpan, maka akan terbentuk file-file dengan ekstensi .dpr, .pas, .dfm, .res, .dof, .dcu, dan .exe.
        
  1. Setelah project dan unit disimpan, jalankan program dengan cara memilih menu Run à Run, atau klik tombol run  , atau tekan tombol F9. Untuk menghentikan project klik tanda silang yang terdapat pada pojok kanan atas atau menggunakan perintah Application.Terminate pada Listing Program. Perhatikan Gambar 1.4 berikut ini!.
                             
Gambar 1.4 Prosedur Eksekusi File Program


E.  Perintah – perintah Penting Borland Delphi 7.0
Berikut ini beberapa perintah-perintah penting yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa