"Ilmu yang bermanfaat" adalah salah satu kunci naungan Allah kepada kita di padang Masyar.

METODE BISEKSI


Nama  : SYAHARUDDIN
NIM    : 151 074 002
Kelas  : V. A

TUGAS 1 METODE NUMERIK

SOAL :
Tentukan nilai x dengan menggunakan Metode Biseksi dari fungsi :
  1. f(x) = X℮-X + 1
  2. f(x) = X4 - 2X2 + X – 2

JAWABAN :
1.      Solusi dari f(x) = X℮-X + 1 dengan interval X = [-1,0] dan toleransi error = 0,001
Alat : CASIO fx – 570ES dan Aplikasi Program Delphi 7.0
Ite
a
b
x
f(a)
f(x)
Keterangan
1
-1
0
-0,5
-1,71828
0,175639
Berlawanan tanda
2
-1
-0,5
-0,75
-1,71828
-0,58775
Sama tanda
3
-0,75
-0,5
-0,625
-0,58775
-0,16765
Sama tanda
4
-0,625
-0,5
-0,5625
-0,16765
0.012785
Berlawanan tanda
5
-0,625
-0,5625
-0,59375
-0,16765
-0,07514
Sama tanda
6
-0,59375
-0,5625
-0,57813
-0,07514
-0,03062
Sama tanda
7
-0,57813
-0,5625
-0,57031
-0,03062
-0,00878
Sama tanda
8
-0,57031
-0,5625
-0,56641
-0,00878
0,0022035
Berlawanan tanda
9
-0,57031
-0,56641
-0,56836
-0,00878
-0,00336
Sama tanda
10
-0,56836
-0,56641
-0,56738
-0,00336
-0,00066
Sama tanda
Jadi, dengan toleransi error 0,001 maka diperoleh nilai x adalah -0,56738 dengan nilai f(x) = 0,00066.

2.      Solusi dari f(x) = X4 - 2X2 + X – 2 dengan interval X = [0,3] dan toleransi error = 0,001
Alat : CASIO fx – 570ES dan Aplikasi Program Delphi 7.0
Ite
a
b
x
f(a)
f(x)
Keterangan
1
0
3
1,5
-2
0,0625
Berlawanan tanda
2
0
1,5
0,75
-2
-2,0586
Sama tanda
3
0,75
1,5
1,125
-2,0586
-1,8044
Sama tanda
4
1,125
1,5
1,3125
-1,8044
-1,1653
Sama tanda
5
1,3125
1,5
1,4063
-1,1653
-0,6378
Sama tanda
6
1,4063
1,5
1,4532
-0,6378
-0,3107
Sama tanda
7
1,4532
1,5
1,4766
-0,3107
-0,1302
Sama tanda
8
1,4766
1,5
1,4883
-0,1302
-0,0354
Sama tanda
9
1,4883
1,5
1,4942
-0,0354
0,0136
Berlawanan tanda
10
1,4883
1,4942
1,4913
-0,0354
-0,0106
Sama tanda
11
1,4913
1,4942
1,4928
-0,0106
0,0019
Berlawanan tanda
12
1,4913
1,4928
1,4921
-0,0106
-0,0039
Sama tanda
13
1,4921
1,4928
1,4925
-0,0039
-0,0006
Sama tanda
Jadi, dengan toleransi error 0,001 maka diperoleh nilai x adalah 1,4925 dengan nilai f(x) = -0,0006

No comments:

Post a Comment