"Ilmu yang bermanfaat" adalah salah satu kunci naungan Allah kepada kita di padang Masyar.

INTEGRAL RIEMANN


INTEGRAL RIEMANN

 
Integral Riemann, dalam cabang matematika yang dikenal sebagai analisis riil, merupakan definisi ketat pertama integral sebuah fungsi dalam sebuah selang. Meskipun integral Riemann tidak cocok untuk banyak kegunaan teoretis, integral ini merupakan salah satu integral yang paling mudah untuk didefinisikan. Sebagian kekurangan teknis ini dapat diperbaiki oleh integral Riemann-Stieltjes, dan kebanyakan tidak ada lagi pada integral Lebesgue.
Integral sebagai luas daerah di bawah kurva.

Misalkan f adalah fungsi riil pada selang [a, b], dan misalkan S = { (x, y| 0 < y < f(x)} merupakan daerah di bawah grafik fungsi f dan di antara selang [a, b]. Kita ingin mengukur luas daerah S. Bila kita telah mengukurnya, kita akan melambangkan daerah tersebut sebagai:
\int_{a}^{b}f(x)\,dx.
Gagasan dasar integral Riemann adalah menggunakan hampiran yang sangat sederhana untuk daerah S. Dengan mengambil hampiran yang semakin baik, kita dapat mengatakan "dalam limitnya" kita mendapatkan luas daerah S di bawah kurva.

Perhatikan bahwa bila ƒ bisa bernilai baik positif atau negatif, integral tersebut terkait dengan daerah bertanda di bawah grafik ƒ, yaitu luas daerah di atas sumbu-x dikurangi luas daerah di bawah sumbu-x.
Barisan jumlahan Riemann. Bilangan di kanan atas adalah luas daerah persegi panjang abu-abu, yang konvergen terhadap integral fungsi tersebut


No comments:

Post a Comment