Kamis, 16 Februari 2012

Meningkatkan Kecepatan Berpikir

Orang pintar/cerdas adalah orang yang memiliki kecepatan berpikir di atas rata-rata.
Setiap orang punya ukuran otak yang sama hanya saja kecepatan berpikirnya yang beda. Untuk saudara-saudariku, saya punya trik bagaimana meningkatkan kecepatan berpikir.
  1. OTAK, otak adalah kunci utama orang berhasil. Perlu diketahui bahwa kebutuhan otak adalah PROTEIN. Protein lawannya adalah Karbohidrat. Protein berfungsi meningkatkan kecepatan berpikir, sehingga pelajaran mudah diserap. sedangkan karbohidrat sebaliknya. Jadi perhatikanlah makanan yang dimakan sebelum ke sekolah, saat jam istirahat. Karena akan sia-sia kita belajar banyak namun MESIN/OTAK yg kita gunakan tidak mampu menampung dan menguasainya. Jadi makanlah protein lebih banyak agar otak terus berpikir secara kencang.
  2. SUJUD. Perpanjanglah/perlambatlah ketika SUJUD, karena pada saat sujud, posisi jantung memompa darah secara maksimal ke OTAK, sehinggat otak selalu basah dan itu akan membuat anda enak belajar.
  3. ZIKIR. Mungkin anda pernah melihat orang zikir di masjid. Di daerah Tarano-Empang hampir seluruhnya zikir pake alat bantu/tasbeh. Mulai hari ini, cobalah untuk berzikir menggunakan jari-jemari tangan anda. Kenapa demikian?, Secara biologis, gerakan anggota badan sebelah KIRI akan berpenagruh pada kekuatan berpikir OTAK KANAN, begitu juga sebaliknya, gerakan anggota badan sebelah kanan akan berpengaruh pada kekuatan berpikir OTAK KIRI. Sehingga secara tidak langsung anda melatih kecepatan berpikir otak anda. Terus bagaimana ZIKIR tu: 1) Lidah mengucapkan, 2) Hati menterjemahkan dan menghayati, 3) Telinga mendengar apa yg diucapkan, 4) Mata seakan2 melihat apa yang diucapkan oleh lidah, 5) Jari jemari menghitung jumlah zikir, 6) Bayangkan Allah bersamamu. Insya Allah, zikir itu akan membuat hati menjadi tentram, sebagai latihan konsentrasi yang sempurna.
  4. WAKTU BELAJAR. Sikon juga menentukan bagaimana hasil dari belajar anda. Waktu Malam dan Subuh adalah waktu yang baik buat anda belajar. kenapa tidak sore, karena sore anda lagi bermain, kalau siang jelas2 anda di sekolah. Jadi, waktu subuh itu adalah waktu yang baik buat belajar, apalagi setelah anda membaca Al Qur'an. Itu akan lebih baik, karena masukkanlah data baru ke dalam memory otak anda dengan yang baik2.
  5. OK, semoga bermanfaat. Amin.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan Kuliah

Syaharuddin Al Musthafa